Prakerin BLC Telkom Klaten - KPLI Klaten

Senin, 09 November 2015

Mengenal cloud computing

Tidak ada komentar
Assalamu'alaikum,,

Pada bahasan kali ini saya akan menjelaskan apa itu Cloud Computing.. apa hayooo....???


           Cloud Computin, mendengar kata tersebut mungkin masih belum terlalu familiar didengar apalagi di ketahui oleh anda. Sebenarnya penggunaan cloud computing itu sudah mulai banyak di terapkan.Karena dinilai memberi keuntungan dan kemudahan bagi pengguna,salah satunyaadalah pengguna bisasaja hanya menginstall sistem operasi pada komputer dan dengan terhubung dengan internet penggunasudah bisa menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpamenginstallnya di komputer terlebih dahulu.



Apa itu Cloud Computing ?

Cloud Computing sendiri berarti komputasi awan yang merupakan kombinasi pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet. Istilah lain dalam teknologi cloud computing yaitu Sebuah jaringan komputer yang saling berhubungan dengan komputer lain yang dapat dijalankan secara bersamaan.


Jenis-jenis Cloud Computing
  • Public Cloud     : Penerapan cloud computing yang bersifat umum(publik)
  • Private Cloud   : Penerapan cloud computing yang bersifat khusus, biasanya dipakai oleh suatu perusahaan
  • Hybrid Cloud   : Penerapan cloud computing dengan menggabungkan publik cloud dengan private cloud.

 Bagaimanakah cara kerja Cloud Computing?

Sistem Cloud Computing atau komputasi awan ini bekerja dengan menggunakan server yang bekerja secara online terus menerus di jaringan internet.Di komputer server inilah semua data akan tersimpan begitupun dengan aplikasi,semua diinstall si komputer server sehingga pihak pengguna siap pakai saja. 


Kelebiha Cloud Computing
  • Menghemat penggunaan memori
  • Fleksibilitas, karena syarat utamanya harus terkoneksi dengan internet maka pengguna dapat mengaksesnya dari mana saja
  • Skalabilitas, layanan ini menyediakan dan menawarkan penyimpanan sesuai permintaan user.

Kekurangan Cloud Computing
  • Pengguna harus terhubung ke internet
  • Biaya untukpenyedia server cloud, hal ini mungkin saja terjadi apabila anda menggunakan resource yang besar dari komputer server bisa saja penyedia layanan server cloud anda mengharuskan membayar 




Terimakasih,,

Tidak ada komentar :

Posting Komentar